Mengenal Kerang Lorjuk

Lorjuk Adalah

Kerang adalah  makanan laut yang dapat  diolah menjadi pelbagai  makanan. Makanan laut satu ini juga tidak sedikit, sekali saja, contohnya  saja kerang darah, kerang bambu, batik kerang, kerang lorjuk dan masih sedikit  yang lain. Lorjuk adalah  jenis kerang yang tidak sedikit  dimanfaatkan menjadi kuliner enak di Jawa Timur, khusus  di wilayah  Pamekasan, Madura. Yuk kamu  kulik lebih mendalam tentang  lorjuk ini.

Habitat lorjuk ini sendiri sedang di Pesisir pantai yang berlumpur. Cara melarikan diri  dengan bersembunyi di pasir dan tidak banyak  keliat kompilasi  air laut surut. Nah, sebab  senang sedang di  Pesisir yang berlumpur inilah, tidak seluruh  pantai menjadi habitat dari lorjuk. Kerang ini langka dan melulu  ditemukan di sepanjang pantai yang rata dan landai laksana  yang ada  di Pamekasan, Madura.

Tidak melulu  itu saja, proses penelusuran  lorjuk ini juga lumayan  rumit. Pasalnya, nelayan di Pamekasanmemakai  linggis untuk mencari  tempat persembunyian lorjuk. Cara lain yaitu  menaburkan garam, air sabun, atau pun  batu gamping di wilayah  jika menggunakan lorjuk. Plus, untuk review DAPAT  Menangkap lorjuk, SEMUA  Nelayan menantikan  laut udara surut. Karena hal-hal yang dilafalkan  sebelumnya adalah, lorjuk menjadi terbatas atau langka.

Kandungan Gizi Lorjuk


Kandungan Gizi Lorjuk

Kerang yang memiliki  tubuh kecil selama  2-3 inci ini memiliki  nutrisi yang tidak kalah dengan jenis lain. Kerang lorjuk berisi kalori yang paling  rendah dan tinggi protein, mineral, zat besi, dan pun  omega 3. Manfaat kesehatan yang dapat  diperoleh andai  mengonsumsi lorjuk secara teratur  mengatasi penyakit jantung, mengendalikan desakan  darah, mengontrol kolesterol dan lain-lain.

Ragam Olahan Lorjuk 


Ragam Olahan Lorjuk


Kandungan nutrisi yang tidak sedikit  selaras dengan rasa lorjuk yang nikmat. Tak heran andai  lorjuk ini tidak sedikit  dimanfaatkan menjadi pelbagai  olahan. Kuliner akrab  yang tercipta dari lorjuk ini sendiri terdiri dari  rengginang lorjuk, campur lorjuk, lorjuk goreng, lorjuk tumis, dan lain-lain. Buat Teman Traveler yang mau  bawa kembali  lorjuk oleh-oleh, dapat  beli rengginang lorjuk yang mendapat top banget. Kriuknya buat  nagih!

Berapa kalori lorjuk?


Kandungan gizi dari lorjuk di pantai Pamekasan yang diteliti dalam kondisi berat kering sebagai berikut :
Protein 55,34 %, Karbohidrat 27,98 %, Lemak 1,82 %, Kadar Abu 14,87 % dan Kalori 349,66 kkal.