6 Wisata Riau yang Sering dikunjungi Saat Berlibur

 6 Wisata Riau yang Sering  dikunjungi Saat Berlibur

Niat Pembaca - Buat Kamu yang mendambakan Berwisata di Riau. Kamu dapat sekalian datang ke destinasi wisata Riau yang menjadi favorit para wisatawan. 

Mau memahami mana saja destinasi favorit wisata Riau? 

1. Candi Muara Takus, satu-satunya candi peninggalan umat Budha di Riau


Candi Muara Takus


Candi Takus, salah satu destinasi favorit lho, dikarenakan candi Buddha ini adalah satu-satunya candi peninggalan sejarah di Riau yang dapat Kamu kunjungi dengan keluarga. Destinasi wisata ini ada di Desa Muara Takus Kecamatan Koto Kampar XIII, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. 


2. Istana Siak Sri Indrapura


Istana Siak Sri Indrapura


Bangunan yang mengadopsi jenis arsitektur Eropa, Arab dan Melayu ini dibangun terhadap tahun 1889 oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin. Di sana Kamu dapat memandang sebagian koleksi kerajaan patung perunggu Ratu Wilhelmina berasal dari Belanda dan patung Sultan Syarif Hasyim I yang terbuat berasal dari batu pualam berhiaskan berlian.


3. Pulau Jemur  


Pulau Jemur

Pulau Jemur merupakan gugusan pulau yang terdiri berasal dari sebagian pulau layaknya Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, dan juga banyak pulau-pulau kecil lainnya. Letak Pulau ini tak jauh berasal dari kota Rokan, hanya lebih kurang 72 Km berasal dari sana, yakni Bangansiapiapi. 

Nah, Pulau Jemur ini spesies penyu, di mana terhadap musim tertentu penyu-penyu  itu naik ke pantai untuk bertelur. Kalau Kamu untung dapat memandang lucunya penyu-penyu yang sedang bertelur.


4. Sungai Kampar ( Bono )


Sungai Kampar ( Bono )


Destinasi ini ada di teluk Meranti. Kamu dapat merasakan berselancar di sungai lho. Di sungai itu terdapat Bono (gelombang pasang surutnya ombak dengan nada yang menderu keras). Bono ini punyai kecepatan 40 kilomater per jam. Lokasi sungai ini ada Desa Teluk Meranti. 

Kalau rela ke daerah ini, lebih baik ajak temen-temen SMA mu. Bisa liburan seru sekalian reunian bareng gitu.


5. Ulu Kasok


Ulu Kasok


Belum berkesempatan ke Raja Ampat Papua, kemungkinan dapat main dulu ke Koto Kampar, Riau. Tempat ini disebut-sebut sebagai Raja Ampat mini lho!

Sebutan Raja Ampat mini tidak hanya nama saja lho. Namun ada sebagian spot yang menjadikan kamu seolah berfoto di Pianemo, salah satu daerah ikonik di Raja Ampat.


6. Air Terjun Tujuh Tingkat


Air Terjun Tujuh Tingkat


Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban terletak terhadap Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Air Terjun ini diberi nama Batang Koban dikarenakan jatuhnya air lewat tebing yang bertingkat tujuh dan mengalir ke aliran sungai kuantan. Ketinggian Air Terjun ini banyak variasi untuk tiap-tiap tingkatnya.