Alasan mengapa Anda Harus Mengonsumsi Seafood

Alasan mengapa Anda Harus Mengonsumsi Seafood

Alasan mengapa Anda Harus Mengonsumsi Seafood


Penelitian baru mengindikasikan bahwa makanan laut mempunyai peranan dalam mengawal kesehatan tubuh di umur senja. Berdasarkan keterangan dari studi yang diterbitkan di The BMJ, orang tua yang mendapat asupan asam lemak omega-3 dari ikan mempunyai tingkat risiko lebih rendah dari penuaan tidak sehat.

"Kita mesti beranggapan tentang bagaimana menambah tingkat asam lemak omega-3 di tubuh kita. Kita hidup dengan dibebani sekian banyak  penyakit sampai-sampai sebagai peneliti, kami hendak mulai konsentrasi pada kualitas hidup dan tidak saja umur panjang," kata pengarang utama studi, Heidi TM Lai, seorang teman postdoctoral di Friedman School of Nutrition Science and Policy di Tufts University, seperti dikutip laman MSN, Selasa (29/1).

Omega-3 ialah jenis lemak sehat yang mesti diperoleh dari makanan. Temuan studi mengindikasikan bahwa paling baik guna orang dewasa yang lebih tua guna mendapatkan lebih tidak sedikit omega-3 dalam makanan mereka, terutama melalui makanan laut. Sumber omega-3 terbaik tergolong ikan berlemak air dingin, laksana salmon, mackerel, tuna, herring dan sarden.

Para peneliti meneliti kadar darah omega-3 dari 2.622 orang dewasa dengan memakai data dari Studi Kesehatan Kardiovaskular dari orang Amerika yang lebih tua. Peserta peneliti berusia 74 tahun saat data kesatu kali dikoleksi pada tahun 1992 dan 1993. Tes darah diulang enam dan 13 tahun kemudian.

Tes ini mengukur tingkat kadar darah peserta dari empat jenis omega-3, tiga yang didapat orang dari makanan laut, asam eicosapentaenoic (EPA), asam docosahexaenoic (DHA), docosapentaenoic acid (DPA) dan satu yang ditemukan pada tumbuhan, asam alfa linolenat (ALA). Asam lemak yang berasal dari makanan laut dikenal sebagai rantai panjang omega-3.

Selama bertahun-tahun, 89 persen dari peserta penelitian merasakan penuaan yang tidak sehat, mengembangkan penyakit kronis atau mengindikasikan penurunan jasmani atau mental. Tetapi 11 persen merasakan umur panjang yang sehat - mereka tidak mempunyai penyakit jantung, kanker, keterbatasan fisik, masalah kognitif atau masalah dengan kehidupan sehari-hari.

Ketika peneliti mengubah data, ternyata mempunyai kadar tingkat darah yang lebih tinggi dari omega-3 rantai panjang yang ditemukan dalam makanan laut - namun bukan jenis yang berasal dari tumbuhan - dikaitkan dengan 18 persen risiko yang lebih rendah dari penuaan yang tidak sehat.

Orang-orang yang mempunyai tingkat omega-3 tertinggi mengonsumsi satu porsi lebih tidak sedikit ikan masing-masing minggu daripada kumpulan tingkat terendah. "Kesimpulannya ialah bahwa riset ini menyokong pedoman diet nasional guna mengonsumsi lebih tidak sedikit makanan laut. Jika kita berusia 65 tahun ke atas, ini bakal menjadi gagasan yang paling baik," pungkas Lai.